FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Fungsi FTP

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini. Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Cara Kerja FTP
Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.




Itulah sedikit info dari saya, jika ada salah kata mohon maaf, keep blogging sobat !!

Blog sumber


11 komentar:

  1. mantap bro thanks atas infonya kunjugan balik serta follback ya udeh ane follow tuh

    BalasHapus
  2. Gan,saya menggunakan FTP dgn TCP/IP, ketika dibuka biasanya harus memasukkan user dan password, tapi sekarang pas saya buka perintah tsb tdk muncul lagi dan langsung masuk ke ftp nya dan isi halaman ftp tsb bukan halaman saya ( krn masing2 user dibuatkan user dan password sendiri sesuai bidang tugasnya ), demikian seterusnya saya ga bisa buka isi halaman ftp saya..saya sdh contact IT supportnya disuruh restart PC tapi setelah di restar tetap aja munculnya isi ftp user lain. Perlu diketahui saya buka FTP dengan windows explore bukan melalui web

    Mhn solusinya bagaimana caranya agar saya bisa bisa akses FTP sesuai dgn user dan password saya...

    tks

    BalasHapus
  3. makasih ya gan infonya,artikelnya mudah dimengerti
    www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  4. tadinya ada yg mau gw tanyain, taunya ini blog sampah yg cuma kopas dari wikipedia :D bikin submenu aja masih berantakan XD
    gak jadi deh kalo gitu :D

    BalasHapus
  5. terima kasih bang, membantu.kunjungi blog ane ya.... http://dsitech.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Bantu saya gan buat dapetin software'y sm tutorialnya

    BalasHapus

 
Top